#melayang {position:fixed;_position:absolute;bottom:30px; left:0px;clip:inherit;_top:expression(document.documentElement.scrollTop+document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }

Selasa, 22 Januari 2013

pengetahuan

peran seorang, muslim didunia ini sebenarnya hanya satu, yaitu hanya beribadah menghambakan diri hanya kepada allah swt semata.sebagaimana yang difirmankan olaeh Allah swt.

  وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
dan ini juga disebutkan dalam tafsirnya imam ibnu katsir yang mengutip beberapa pernyataanya ahli tafsir sebagai berikut :
 1.إنما خلقتهم لآمرهم بعبادتي، لا لاحتياجي إليهم
  bahwa allah hamyalah menciptakan para umat untuk kemudian memerintahkan mereka supaya beribadah mendekatkan diri kepada Allah swt, bukan karna allah butuh pada umatnya ( apalagi ibadahnya kaum yang serba acak-acakan penuh dengan tujuan-tujuan tak penting lainya. )
2. dan juga dijelaskan didalam tafsir Al-Bahru Al-Muhith dalam mentafsiri salah satu ayat pada surat Al-Fatihah pada ayat   إِيَّاكَ نَعْبُدُ
 beliau Shahibu At-Tafsir memberikan satu argumen bahwa saya mentafsiri dengan tafsiran ibadah karna
ada unsu tadzallul merendahkan diri kepada-Nya dan khudu' yang artinya berTawaadu' merendahkan diri dalam beribadah mendekatkan diri kepada-Nya.
3.juga ada unsur mentauhidkan dalam mentafsiri kedua ayat tersebut sebagaimana disebutkan oleh para pakar Tafsir, salah satunya dalam kitab Al-Bahru Al-Muhith    أو التوحيد إلا ليعبدون أي ليوحدون
dan kesemuanya saya rasa membutuhkan beberapa kajian yang nanti memerlukan banyak waktu, yang mungkin akan saya sampaikan dalam pertemuan kajian ilmiah atau seminar lokal di salah satu kampung di jombang jawa timur.
by :  rooney el-battaty

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar